Kamis, 08 Desember 2016

Asal-usul Chord guitar.


Guitar adalah adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik, baik menggunakan kelima jari atau menggunakan pick. Biasanya salah satu tangan bertugas menekan senar ada freetboard, dan tangan sebelahnya lagi  digunakan untuk memetik senarnya. Walaupun terkadang beberapa teknik tertentu seperti balawan, dia menggunakan tangannya untu menekan senar pada guitarnya. Biasanya teknik bermain guitar seperti ini disebut typing.




Step-step untuk mengetahui asal usul chord guitar adalah sebagai berikut:

akan Tetapi kalau rekan rekan masih bingung kenapa harus mempelajari Asal usul chord silahkan  klik tips pertama belajar guitar disini 
1.       Harus hafal nada dasar masing-masing senar
2.       Minimal menguasai tangga nada diatonis dan kromatik.
3.       meyiapkan catatan untuk belajar dari materi share yang akan saya berikan.

HARUS HAFAL NADA DASAR MASING-MASING SENAR


Nada dasar pada masing senar sebenarnya bisa kita atur sendiri, akan tetapi untuk sekarang ini kita akan memfokuskan yang standar dahulu agar lebih mudah difahami oleh rekan rekan semuanya. Jenis stem guitar yang akan saya pakai disini adalah E B G D A E diurutkan dari bawah yaitu.

Dengan kita hafal nada dasar masing-masing senar, maka akan lebih mudah mengetahui asal usul suatu chord guitar. Dengan demikian langkah besar awal kita sudah dimulai mengenai mengapa chord C BEntuknya seperti itu.

Tambahan: Sebenarnya jenis stem guitar atau tuning senar guitar tidak harus seperti diatas karena bisa kita ubah misalnya, D G C F A D, atau mungkin F Bb D# G# C F.
MINIMAL MENGUASAI TANGGA NADA DIATONIS
Menurut Wikipedia, “tangga nada merupakan susunan berjenjang dari nada-nada pokok suatu sistem nada, mulai dari salah satu nada dasar sampai dengan nada oktafnya.”link
Contohnya adalah DO RE MI FA SOL LA SI DO.

LALU APA YANG HARUS KITA KUASA?

Yang harus kita kuasai adalah interval nada. Maksudnya apa? Berikut adalah gambaran interval dari sebuah tangga nada diatonic.
Untuk lebih memudahkan lagi kita ganti bentuk tangga nada tersebut dengan huruf-karena dalam penamaan chord biasanya menggunakan huruf.
Penjelasannya adalah berikut.
Interval nada dari C-D adalah 1 laras
Interval nada dari D-E adalah 1 laras
Interval nada dari E-F adalah ½ laras
Interval nada dari F-G adalah 1 laras
Interval nada dari G-A adalah 1 laras
Interval nada dari A-B adalah 1 laras
Interval nada dari B-C  adalah ½ laras
Ini adalah dasar dari semua musik, kita minimal harus menguasai ini. Kita harus bisa langsung menghitung interval tanpa terurus seperti diatas misalnya.
Interval nada dari C-F berapa? Jawabannya adalh 2 setengah
Interval nada dari E-C berapa? Jawabannya adalah 4.
Tangga nada berikutnya adalah tangga nada kromatik
Tanga nada kromatik adalah sebagai berikut:

Kenapa ada tanda pagar? Itu direbut “kres” dalam musik. Tanda itu fungsinya menaikan ½ laras interval, tentu saja setelah intervalnya dinaikan, maka nada nya pun berubah.

APAKAH HUBUNGAN ANTARA TANGGA NADA DIATONIK DAN TANGGA NADA KROMATIK?

Tentu saja ada. APA HUBUNGANNYA? Hubungannya adalah nada dasar tangga nada diatonic bisa dibuat dari tangga nada kromatik. Tangga nada diatonic di atas adalah tangga nada diatonic dengan nada dasar C.
Kalau dimisalkan dalam matematika, tangga nada kromatik adalah suatu bilangan real, sedangkan tangga nada lainnya misalnya tanga nada diatonic bisa dibentuk dari tangga nada kromatik.
Kita misalkan tangga nada dalam sebuah “DIAGRAM VENN”.
K= tangganada kromatik
D= tangganada diatonic
P= tangganada Pentatonik
Dim= tangganada diminished
H= tangganada harmonic
Semoga dengan penjabaran diagram venn tangganada diatas rekan-rekan bisa memahaminya.

Berikut adalah beberapa tangganada dengan nada dasar yang berbeda.

Inti dari apa yang saya jelaskan di atas adalah bukan untuk menghafalkan nada nada yang saya tunjukan. Tapi yang ingin saya tegaskan adalah untuk menghafalkan “INTERVAL”nada nya. Karena pada nantinya rekan-rekan harus bisa minimal membuat semua tanganada dengan nada dasar dari mulai c#, d#, f#, g#, a# dan lainnya.

Sekarang coba rekan-rekan semuanya tulis di selembar kertas semua tanga nada tersebut. Jika sudah kirimkan ke ringgadwirajunew@gmail.com. Nanti akan saya lihat apakah tangga nada diatonic tersebut benar.

MENGAPLIKASIKAN TANGA NADA DIATONIK PADA GUITARAPA HUBUNGAN TANGA NADA TERSEBUT DENGAN GUITAR?

Dengan mengetahui dasar diatas kita bisa mengetahui nada apa yang kita tekan pada guitar kita. Berikut adalah langkah nya.
1.       Buat tangga nada diatonic dengan nada dasar masing-masing senar.
2.       Setelah itu buat kolom-kolom guitar dalam sebuah kertas, BERIKUT CONTOHNYA

1.       Sekarang coba anda buat lagi beberapa tangga nada dengan nada dasar yang lainnya. Seperti diatas dimulai c#, d#, f#, g#, a# dan lainnya.
Baik, jika rekan-rekan sudah memahami apa yang rekan-rekan selama ini tekan, kita akan langsung ke tahap yang selanjutnya, yaitu “BAGAIMANA CHORD GUITAR TERBENTUK”. Tapi sebelumnya jika rekan-rekan belum Faham, silakan coba lagi ke awal tulisan ini.

CHORD

Menurut Wikipedia “Akord adalah kumpulan tiga nada atau lebih yang bila dimainkan secara bersamaan terdengar harmonis”.
yang termasuk harmonis adalah “mayor, minor” terlebih dahulu karena sebenarnya masih banyak, namun saya hanya akan membatasinya dahulu hanya dua saja.

1.       Mayor

Akord mayor dibentuk oleh interval 


APA MAKSUDNYA?

Maksudnya adalah kita tentukan nada dasar yang akan digunakan misalnya yang paling mudah yaitu “C”, kemudian kita masukan intervalnyanya yaitu 2 laras yang mengakibatkan menggasilkan nada E, dan interval yang selanjutnya yaitu satu setengah akan mengakibatkan jatuh pada nada G.
Sekarang mari kita aplikasikan pada guitar kesayangan kita bagai manakah bentuknya?

BAGAIMANA? APAKAH SEKARANG SUDAH TAHU MENGAPA CHORD C BENTUKNYA SEPERTI ITU?

apakah hanya chord c saja? tentu saja tidak. karena. semua chord guitar yang anda hafal sekarang ini dasarnya dari interval nada yang telah dibuat, dan tidak banyak orang pedulikan.
SEKARANG COBALAH MEMBUAT CHORD-CHORD BENTUK LAIN DENGAN RUMUS SEPERTI DIATAS, DAN ANDA AKAN KAGUM SENDIRI DENGAN APA YANG ANDA TEMUKAN.

MINOR.

Samahalnya dengan minor, chord minor juga memiliki interval yang dimana interval minor adalah lawan dari mayor yaitu
Sebagai percobaan, mari kita ambil nada dasar untuk chord minor ini dengan nada dasar A, yang akan menghasilkan chord am.

Kita ambil A sebagai dasar, kemudian kita lompati  satu setengah interval yaitu C dan 2 larat berikutnya yaitu C. dan bentuknya adalah.
BAGAIMANA? Sekarang anda sudah tau kenapa chord tersebut bentuknya unik, dan berbeda beda.
Sekarang Mari Kita Berlatih….:D
1.       Sebutkan nada dari:
·         Senar 1 kolom 8
·         Senar 2 kolom 8
·         Senar 3 kolom 9
·         Senar 4 kolom 10
·         Senar 5 kolom 10
·         Senar 6 kolom 8
2.       Berapa interval masing-masing nada berikut:
·         C ke F
·         F# ke F
·         E ke B
·         B ke G
·         G# ke C
·         D ke F
3.       Chord apa yang dibentuk dari nada berikut
·         F C# G#
·         F C A
·         F D A
·         A C E
·         A C# E
·         A D F#
Kalau rekan rekan belum yakin dengan jawaban rekan-rekan sekalian, silahkan download disini kunci jawabannya.

Sekarang mari kita lanjut pembahasannya.
Sekarang kita sudah tahu bagaimana sebuah chord terbentuk, kalu rekan rekan belum memahami, atau masih ragu-ragu silahkan baca kembali tutorial ini dari pertama.
Apa yang akan saya bahas sekarang? Kali ini saya akan membahas bagaimana cara mencari chord lagu favorit kita, dengan SUPERCEPAT. Mengapa “SUPERCEPAT”? Karena cara kita mencari chord guitar ini dengan mengurut suatu nada pada satu senar, kemudian kita cocokan dengan salahsatu nada pada suatu lagu

Sebenarnya tutorial ini cukup expert, Biasanya cara mencari chord guitar ini digunakan oleh seorang pemain guitar lead yang sudah handal. Tetapi tenang saja kita bisa melakukan teknik ini karena kita sudah memiliki pondasi yang kuat yaitu kita sudah mengetahui asal usul chord guitar.
Keuntungan lainnya adalah, kita bisa berlatih menjadi pemain guitar melodi. “Kenapa saya bilang begitu?” karena saya bisa katakana bahwa “SEMUA NADA-NADA YANG DIMAINKAN OLEH GUITARIS MELODI BERASAL DARI CHORD YANG MENGIRINGINYA”.
“APA MAKSUDNYA? SAYA TIDAK MENGERTI”

“begini, biasanya suatu lead guitar agar terdengar enak di dengar selalu diiringi oleh rhythm. Rhythm tersebut bisa oleh guitar, bass, piano atau bahkan berbarengan.”

Atau kalau ingin lebih sederhana lagi adalah, misalnya chord rhytm suatu lagu yaitu:  A D E A. kemudian sang guitaris melodi itu memainkan nada-nada yang berkaitan dengan chord diatas maka akan terdengar enak didengar, akan tetapi jika sang guitaris memainkan nada nada yang tidak berbuhungan dengan chord guitar rhythm nya maka akan terdengar fals. Oleh karena itulah menjadi guitar melodi itu cukup sulit. Mungkin untuk tutorial bermain guitar lead akan saya bahas lain waktu ya rekan-rekan. Itulah keuntungan lainnya dari mengetahui asal usul chord guitar. Menakjubkan bukan…?
Baik, sekarang kita to the poin.
Langkah pertama mencari chord suatu lagu adalah:
Tentukan lagu yang akan dicari chordnya, baik itu lagu rock, pop, jazz atau yang lainnya. Untuk latihan kita akan mencari kunci guitar lagu “HINGGA AKHIR WAKTU” dari grup “NINEBALL”
Selanjutnya adalah nyanyikan lagu tersebut, kemudian cocokan suara anda dengan salah satu senar guitar, misalnya senar no 2. Misalnya untuk kata “KU COBA”, disana terdapat 3 nada karena terdapat 3 suku kata. Jika anda sudah mendapatkannya, berarti anda sudah menemukan seluruh chord tersebut. Bagaimana? Sudah ketemu?

Baiklah saya akan memberitahunya, 3 nada tersebut adalah  C D E.
Jika sudah ketemu, tahan nada terakhir nada nada tersebut yaitu E.
Sekarang tugas anda selanjutnya adalah, “cari chord guitar yang berhubungan dengan nada E.
Apa saja chordnya?

Jika anda sudah bisa menemukan chordnya, berarti anda sudah menyimak latihan tadi.
Chord yang berhubungan dengan nada E adalah: C, A, Am, E dan Em. Setelah itu, cari chord yang paling pas dari ke-5 chord tersebut. Tentunya yang paling cocok adalah C. bagaimana, mudah kan?
Gunakannlah metode ini untuk seluruh bagian dari lagu ini. Dengan cara tersebut anda bisa menemukan chordnya dengan mudah.

Dan dengan ini pula anda sudah resmi menjadi seorang guitaris melodi pemula, tanpa perlu hafal scale scale guitar yang begitu banyak…

Terimakasih atas perhatiannnya… rekan-rekan…:D