Jumat, 16 Desember 2016

Praktek Belajar Guitar

Dalam mempelajari Guitar, dua hal yang harus dipelajari adalah Teori Dasar dan Praktek Dasar. Untuk Teori Dasarnya sudah saya bagikan pada Tips Gitar yang Kedua. Yaitu Mengenai Asal Usul Chord Gitar yang Bisa kalian Klik disini. Langkah selanjutnya adalah Praktek dasar yang mana rekan-rekan harus memainkan gitar tersebut dengan tangan.


Keluhan pertama saat praktek dasar gitar ini adalah “tangan kita tidak singkron dengan apa yang diinginkan oleh kepala kita”. Maksudnya bagaimana? Misalnya begini. Saat kita ingin menekan senar nomor 5 kolom 3  dengan jari manis, lalu senar nomor 4 kolom 2 dengan jari tengah dan senar nomor 2 di kolom 1 atau bias kita sebut dengan chord C. biasanya yang belum terbiasa akan kesulitan menekan chord C tersebut. Memang itu hal yang saya alami, atau mungkin semua pemain gitar professional pun pernah mengalaminya, kalua tidak percaya silahkan tanya sendiri. :D

Agar tangan kita bisa disingkronkan dengan kepala kita, atau bisa kita sebut dengan nada yang kita inginkan solusinya adalah latihan pemanasan jari jari.

Kenapa? Karena dengan pemanasan ini kita bisa meningkatkan skill bermain gitar kita dengan sangat cepat. Bagaimana bisa? Karena pemanasan jari-jari tangan ini bisa membuat tangan kita hapal dengan fretboard gitar. Apa itu freetboard? Untuk bagian-bagian gitar silahkan rekan-rekan searching saja pasti ada.

Bagaimana Cara melakukan Pemanasan jari-jari tangan? Agar lebih mudah kita sebut saja dengan “SENAM JARI”
Senam jari pada gitar ini, banyak sekali jenisnya. Banyak karena senam jari pada gitar ini dibagi berdasarkan teknik bermain gitar. Berikut daftar Teknik Bermain gitar yang sangat popular:
  • Alternate Picking
  • Sweep Picking
  • Legato (Hammeron dan Pull off)
  • Typing
  • Cichken picking
  • Bending
  • Arpeggio
  • Dan lainnya

Menurut saya, inti dari Semua teknik giar itu hanya ada 3: yaitu altenate, sweep dan legato. Karena teknik lainnya adalah turunan dari teknik 3 yang saya sebutkan tadi. Tidak percaya? Saya akan buktikan. Teknik typing adalah gabungan legato dengan 3 tangan. Cichken picking gabungan alternate dengan legato, bending juga gabungan sweep picking dengan alternate, dan salah satu teknik favorit saya yaitu Arpeggio yang gabungan antara sweep picking dengan legato. Dan masih banyak lagi.
Baik, tidak usah berlama-lama lagi kita mulai dari senam jari yang pertama.

Alternate picking


Alternate picking maksudnya memetic senar gitar menggunakan pick secara bergantian. Bergantian disini maksunya adalah pick diarahkan keatas dan kebawah sehingga tercipta getaran pada senar gitar sehingga menghasilkan bunyi. Latihan nya adalah;

Tekan Senar Nomor 1 kolom 1 oleh jari telunjuk, dan Getarkan dengan mengarahkan pick ke bawah
Kemudian, pada senar nomor 1 kolom 2 oleh jari tengah, getarkan dengan mengarahkan pick ke atas.
Lalu , pada senar nomor 1 kolom 3 oleh jari manis, getar kan dengan mengarahkan pick ke bawah.
Dan terakhir pada senar nomor 1 kolom 4 oleh jari kelingking dengan mengarahkan pick ke atas.

Agar kualitas suara yang dihasilkan lebih berpower dan stabil gunakan teknik memegang gitar secara “Spanish style”. Atau lebih jelasnya seperti ini



Ciri khasnya adalah Posisin ibu jari tangan kiri berada di tengah tengah stang guitar/freetboard. Posisi ibu jari tidak berada diatasnya. Dampaknya adalah keempat jari bisa lebih leluasa menyentuh keenam senar guitar dan akan memiliki power yang sama pada setiap senar yang kita petik. Keluhan saat belum terbiasa menggunakan style ini adalah cepat lelah saat menggunakannya, tapi kalau sudah biasa maka akan terasa sekali manfaatnya.

Cara memegang stang gitar dibawah ini sangat tidak saya rekomendasikan karena Power yang dihasilkannya tidak stabil dan kelemahan dari style ini adalah kebanyakan dari kita keempat jarinya tidak bisa mencapai senar no6. Bahkan no5 pun kadang ada yang tidak bisa. Sehingga saat berpindah pada chord atau not-not pada senar 5 atau  6 akan cukup kesulitan. Karena itulah saya tidak menganjurkan teknik ini. Tapi kalu mau menggunakan juga tidak apa apa.


Kita kembali pada senam jari lagi. Tadi dilakukan pada senar no 1. Sekarang lakukan pada senar nomor 2, 3, 4, 5, dan enam. Setelah itu mulai dari kolom 2345, 3456, 4567 hingga tidak bisa dicapai.
Kemudian mulai kelingking, jari manis, jari tengah dan telunjuk. Atau bisa kreasi sendiri. Karena saya rekan-rekan belum mengerti apa maksudnya silahkan cari di youtube untuk contoh-contoh senam jari yang jumlahnya banyak sekali ribuan bahkan jutaan contoh. Walaupun menurut saya dengan cara yang saya jelaskan tadi kalau diperhatikan dan dilakukan dengan sungguh-sungguh minimal rekan-rekan bisa memainkan lagu-lagu dari yngwie malmstein. Benar sekali, karena Yngwie malmstein adalah master alternate picking yang sangat terkenal sekali didunia.


Sweep Picking


Teknik ini adalah teknik wajib yang harus dikuasai pemain gitar rock. Karena dalam not-notnya yang sangat cepat, teknik sweep picking sangat efektif untuk digunakan untuk not not cepat. Maksud dari sweep picking adalah. Kita menyapukan pick kita dari atas ke bawah, atau dari bawah ke atas dari senar guitar yang kita kehendaki. Supaya lebih mudah difahami kita mulai saja dengan bm.
Kita mulai dari bawah.

Tekan senar no 1 kolom 2 dengan telunjuk bunyikan dengan mengarahkan pick ke atas lalu tempelkan ke senar no2, setelah itu tekan senar no 2 kolom3 dengan jari tengah bunyikan dengan mengarahkan pick ke atas lalu tempelkan pik ke kenar no3 sambail lepaskan jari telunjuk dari senar no 1, tekan senar no 3 kolom empat dengan jari kelingking dan bunyikan dengan mengarahkan pick ke atas. Itu adalah ide utamanya. Sekarang coba lakukan dengan mengarah kan pick dari atas tentunya dengan mengubah urutannya senar 3 ke 2 lalu ke 1. Saya juga merekomendasikan gunakan teknik atau Spanish style saat berlatih sweep picking ini.



Legato (Hammer on pull off)


Teknik ini adalah yang termudah untuk dipelajari. Caranya adalah seperti alternate picking bedanya adalah pick diarahkan ke bawah sekali tapi kita harus menghasikan suaranya dengan menggerakan atau memukulkan jari-jari kita pada senarnya. Begitupun saat membalikannya dengan kelingking bunyikan dengan pick ke atas dan kaitkan kelingking kita sehingga seakan-akan kelingking kita ini pick untuk jari manis yang menekan kolom 3. Selanjutnya kaitkan jari manis kita seakan-akan jari manis kita ini adalah pick bagi jari tengah yang menekan senar 1 kolom2, dan terakhir kaitkan jari tengah kita seakan-akan jari tengah kita adalah pick bagi telunjuk kita yang menekan senar no1 kolom1.
Baik itu adalah petunjuk utamanya walaupun kelihatannya agak membingungkan, silahkan rekan-rekan baca berulang kalimatnya agar faham. Saya berusahan menjelaskannya seditail mungkin.  Semoga bisa membantu.