Kamis, 01 Desember 2016

Tips Pertama Belajar Guitar

Hai semuanya,apa yang akan saya tulis adalah sesuatu yang saya alami ketika saya belajar guitar. banyak sekali waktu yang dulu saya luangkan hanya untuk mempelajari guitar. Oleh karena itu, saya akan membagikan pengalaman yang saya miliki kepada rekan-rekan semuanya yang baru belajar guitar. Nanti juga mungkin saya akan memberikan Tutorial video yang mungkin bisa mempermudah rekan-rekan yang baru belajar.



Sebelum ke inti dari share yang akan saya bagikan, alangkah baiknya rekan-rekan mengetahui sejarah guitar yang mungkin berguna bagi rekan-rekan yang ingin mempelajari guitar dengan lebih sungguh-sungguh. Karena, menurut saya itu bisa meningkatkan motivasi rekan-rekan untuk belajar bermain guitar. Guitar yang kita kenal hari ini mengalami banyak sekali perubahan, baik dari bentuk, cara memetiknya pun berbeda-beda dari dulu hingga sekarang. Bahkan menurut saya Guitar itu bisa berevolusi bentuk dan cara memainkan/memtiknya di setiap negara. Kalau rekan-rekan ingin lebih mengenal jauh tentang si "GuITAR" ini silahkan membaca referensinya melalui situs wikipedia mengenai guitar disini.
Selanjutnya, kita akan ke topik utama kita, "DARIMANA SAYA HARUS MEMULAI BELAJAR GuITAR?". Untuk menjawab pertanyaan ini kita harus bertanya pada diri rekan-rekan sendiri.

  1. Musik macam apa yang saya sukai? rock, classik, pop, blues, heavy metal, bossanova, jazz, hip hop, edm dan lain-lain. berikut situs wiki mengenai aliran musik di dunia.
  2. Untuk apa saya belajar guitar? untuk hobbi? untuk iseng? untuk lomba? atau untuk menarik perhatian wanita dengan permainan guitar rekan-rekan?. untuk yang ini, pertanyaan yang nomer 2 ini biasanya yang paling berpengaruh untuk permainan guitar anda. kenapa sangat berpengaruh? karena akan terlihat sekali perbedaan cara belajar guitar hanya untuk "HOBBI" dan untuk menarik perhatian wanita.
  3. Guitar apa yang saya harus punya pertamakali belajar guitar? guitar bolong? atau guitar elektrik? mungkin pertanyaan ini tidak sulit, karena rekan-rekan bisa pikir sendiri. Seandainya kita langsung membeli guitar listrik, maka pasti budget yang dikeluarkan akan lebih banyak, termasuk listrik. jadi lebih saya anjurkan untuk pertama yang harus dimiliki adalah giutar bolong atau bisa disebut guitar akustik/classik.
Dengan tiga pertanyaan diatas, mungkin rekan-rekan sudah ada gambaran bagaimana rekan-rekan akan bermain guitar. Selanjutnya adalah apakah hanya itu saja? apakah sesimpel itukah belajar guitar? Tentu "TIDAK" belajar guitar itu adalah belajar "MATEMATIKA" dalam segala jenis musik.

Kenapa bisa disebut demikian?. Karena, guitar merupakan alat musik universal yang hampir bisa dimainkan untuk segala jenis musik, itulah kenapa saya bertanya kenapa rekan-rekan harus memikirkan jenismusik apa yang rekan-rekan benar-benar sukai. Lalu apakah "SULIT" seperti belajar "MATEMATIKA"?, ingin menyerah? Belajar guitar itu seperti belajar semua alat musik hanya melalui satu alat musik yaitu "GuITAR".
GUITAR, GUITAR, DAN GUITAR. lalu lankah selanjutnya apa yang harus saya lakukan untuk bermain guitar? apakah saya harus segera membeli buku chord guitar? dan kemudian menghafalkannya satu demi satu sehingga saya menghafalkan ratusan, ribuan, dan bahkan jutaan kunci guitar? JAWABANNYA TIDAAAKKKK...!!!. Kenapa saya katakan tidak? karena, kunci guitar itu dulu bentuknya adalah "PERSAMAAN" seperti matematika. ada yang lucu dulu ketika saya bertanya kepada teman saya, pertanyaan yang saya ajukan adalah seperti ini.
"kenapa bentuk chord C seperti ini?"
kenapa harus seperti itu? kenapa jari telunjuk harus diletakan di senar no.2 dari bawah dikolom 1, jari tengah diletakan di senar nomor 4 dari bawah di kolom 2, dan jari manis diletakan di senar nomor 5 dari nomoer 2 di kolom 3.?
" atau pertanyaan yang selanjutnya kenapa chord G bentuknya seperti ini?"
kenapa harus seperti itu? kenapa jari telunjuk harus kelingking harus diletakn di senar 1 dari bawah kolom 3, jari manis dilekatan di senar 2 dari bawah kolom 3, jari tengah dilekatan di senar nomor 6 di kolom 3 dan jari teluntuk di senar nomor 5 dari bawah kolom 2? "KENAPA"

dan dengan simpel sekali teman saya menjawab, "DARI BUKU CHORD YANG SAYA HAFAL" ya chord guitar "BEGITU"

Dari percakapan yang saya bicarakan dengan teman saya ini, barulah saya ada niat mengapa saya menulis blog ini. Tujuan utama say adalah "JANGAN SAMPAI KITA TIDAK TAU SELAKU PEMAIN GUITAR, BAIK ISENG ATAUPUN HOBI HANYA TERIMA SAJA TANPA TAU MAKSUD APA YANG KITA TEKAN PADA PAPAN TOMBOL SENAR GUITAR KITA"
menurut saya inilah mengapa kita selaku bangsa indonesia "KEBANYAKAN" sangat tidak suka terhadap "MATEMATIKA".

Kemudian ada pertanyaan? Bukankah Musik itu adalah "KEBEBASAN MENGEKSPRESIKAN PERASAAN? Kenapa harus diatur? Kenapa harus ada "PERSAMAAN-PERSAMAAN". Bukannya yang seperti itu sangat menghambat kreativitas? MUSIK ITU KEBEBASAN!!!

"SAYA SETUJU SEKALI" dengan pernyataan itu. akan tetapi sebenarnya "PERSAMAAN-PERSAMAAN itulah KEBEBASANNYA". dengan persamaan itu kita bisa menghasilkan ribuan, jutaan, ratusan juta, bahkan miliaran karya dengan "PERSAMAAN-PERSAMAAN" tersebut.

Tetapi masalahnya adalah "KITA TIDAK INGIN TAU DARIMANA PERSAMAAN-PERSAMAAN ITU BERASAL". kita pokonya berkarnya dan tidak ingin tau "ORANG MAU DENGAR KARYA KITA , KITA BERTERIMAKASIH. NGGAK DENGAR KARYA KITA JUGA TERSERAH".
Munkin Prinsip itu bekerja saat jaman dahulu. "BAGAIMANA SEKARANG?". Menurut saya "TIDAAAAAAAKK....!!!"
Dijaman sekarang prinsip seperti itu sudah tidak bekerja lagi, mengapa?sekarang sudah tahun 2016!!! sudah banyak sekali karya-karya musik yang dicipkatan, bahkan banyak sekali karya yang bisa disibut mirip, bahkan "KEORIGINAL-AN" suatu karya sudah disebut "HILANG". Pernyataan itu bukan keluar dari saya, pernyataan itu keluar dari para musisi terkenal di Indonesia.

Miris sekali bukan? apa sebenarnya sebab itu semua? 
jawabaanya adalah "PERSAMAAN-PERSAMAAN YANG DIGUNAKAN UNTUK BERKARYA SUDAH KUNO DAN ORANG-ORANG SUDAH TERBIASA MENDENGARKAN PERSAMAAN ITU", sehingga menyebabkan "KEORIGINAL-AN" suatu karya dianggap tidak ada.

Lalu adakah cara untuk mengatasi permasalahan tersebut?

TENTU SAJA ADA...!!!
cara mengatasinya adalah kita buat "PERSAMAAN-PERSAMAAN BARU" dengan awalnya mengetahui dari mana PERSAMAAN LAMA tersebut berasal dan MENGGABUNGKANNYA dengan PERSAMAAN BARU yang kita buat. Dengan Begitu Saya yakin KEORIGINALAN suatu karya bisa kita dapatkan kembali.
UNTUK ITULAH KENAPA BLOG INI DITULIS..!

Permasalahan selanjutya "KAPAN SAYA HARUS MULAI BELAJAR GUITAR? BERAPA LAMA SAYA HARUS BELAJAR GUITAR? DAN KEPADA SIAPA KITA HARUS MULAI BELAJAR GUITAR?

KAPAN MULAI GUITAR? waktu yang tepat untuk saat belajar guitar adalah "PADA SAAT ANDA PERTAMAKALI MEMBACA TULISAN DI BLOG INI".tapi kan saya belum punya guitar? BELAJAR GUITAR TANPA GUITAR JUGA BISA, ASAL ADA KEMAUAN UNTUK MINJEM KE YANG PUNYA GUITAR.

BERAPA LAMA SAYA HARUS BELAJAR GUITAR? tidak ada waktu yang bisa ditentukan, tapi yang paling penting adalah, latihan yang tidak harus lama tapi RAJIN. RAJIN bukan berarti meninggalkan segala hal. akan tetapi rajin disini maksudnya adalah, mengefektifkan waktu yang kita punya untuk sesering mungkin memegang dan berlatih guitar.

KEPADA SIAPA HARUS BELAJAR GUITAR? guru yang paling bagus adalah "DIRI ANDA SENDIRI". Maksudnya adalah rekan mendisiplinkan diri rekan-rekan sendiri mengenai waktu latihan rekan-rekan semuanya dan materi yang ingin dipelajari.
Darimana dapat materi untuk belajar guitar? "INTERNET" jangan terlalu memfokuskan diri pada satu hal, tapi coba cari sumber artikel sebanyak mungkin, dan cari video tutorial sebanyak mungkin, karena semua itu akan menumbuhkan motivasi yang banyak bagi anda untuk belajar guitar.

Intinya adalah anda adalah guru bagi anda sendiri untuk belajar guitar? anda mau menyelam sedalam apa mau belajar guitar, terserah anda. anda mau seahli apa anda, terserah anda. anda mau berkarya seperti plagiat atau ingin berkarya ORIGINALITAS.

BAGAIMANA JIKA SAYA BELAJAR GUITAR HANYA INGIN BISA MEMAINKAN GUITAR ORANG LAIN SAJA TANPA BERKARYA? meniru itu sesuatu yang "MUDAH", akan tetapi membuat karya itu belum tentu MUDAH. Banyak sekali pemain guitar yang sekali duakali mendengar suatu lagu bisa langsung menirunya. Akan tetapi karena terlalu sering meniru, saat ia disuruh membuat suatu karya, tidak bisa itulah mengapa MENJADI PLAGIAT ITU MUDAH.

"SAYA JADI BINGUNG APA YANG HARUS SAYA PILIH, MENJADI PENIRU MUSISI. ATAU MUSISI YANG HARUS MENIRU SAYA........?
kebingungan adalah sesuatu yang bagus untuk menumbuhkan MOTIVASI.


JADI, TUNGGU POSTINGAN SELANJUTNYA YAAAA....:D