Sabtu, 27 Mei 2017

Latihan peregangan jari tangan sebelum bermain gitar

Pemanasan jari tangan penting sekali dilakukan sebelum memainkan gitar. Sama halnya seperti olahraga, jika kita tidak pemanasan dulu jari tangan biasanya terasa kaku dan dikhawatirkan cedera.

Ibaratnya seperti ini ketika kita bangn pagi, kita tidak langsung berdiri kemudian pergi secepat mungkin ke kamar mandi, dan kalaupun bisa biasanya sering menabrak pinu atau apalah.
Pemanasan jari tangan ini tidak hanya menitik beratkan pada jari-jari tangan kiri atau kanan, akan tetapi dimulai dari bagu hingga ke ujung jari. Kita tahu bahwa jika kita memangku gitar elektrik dan itu berat, jika tidak pemanasan dulu maka akan cepat pegal nantinya. berikut silahkan disimak video tutorial peregangan tangan dan jari ala gitaris profesional favorite saya setelah syninster gates (A7X), yaitu jhon petrucci:



Iya iya saya faham pasti banyak yang ngga ngerti kan iihihi, ikutin aja yang dilakuin jhon petruci. Tapi intinya sama ko, sebelum main gitar itu harus peregangan atau pemanasan dulu.

Setelah kita peregangan tangan secara keseluruhan, sekarang saatnya ke jari-jari nya. Peregangan ini biasanya dibantu dengan software gitar pro. Caranya saya searching di _http://ultimate-guitar.com terus ketik di querynya warm up. Maka nanti akan muncul.

Cara penggunaan software ini sudah saya bahas di postingan yang lain. Jika belum membaca apa itu gitar pro, seri berapa yang harus di download dan bagaimana cara menggunakannya silahkan baca postingan saya yang ini tentang Meningkatakn Skill Bermain Guitar Mengunakan Software Guitar Pro 6.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk pemanasan jari dan lengan? Bebas. Tapi jangan terlalu lama, soalnya kalau-kalau terlalu lama nanti tangan nya jadi kelelahan dan mengakibatkan kurang maksimal saat perform.

Semoga postingan ini membantu, terimakasih.


EmoticonEmoticon