Minggu, 28 Mei 2017

Sinkronisasi audio dan video menggunakan sony vegas

Ini adalah tutorial sinkronisasi video dengan audio yang sudah kita buat di postingan sebelumnya. Saya membuat postingan ini karena dipostingan sebelumnya saya pernah berjanji akan membuat tutorial simple bagaimana cara menggabungkan audio dan video nya.

Alat yang kita butuhkan tentunya sofwarenya, disini seperti yang sudah disebutkan di judul postingan ini saya menggunakan sony vegas, lebih tepatnya saya mengguanakan sony vegas 11 32 bit.

Ada yang harus di perhatikan bahwa untuk menjalankan software editing video seperti sony vegas, biasanya software ini meminta spesifikasi yang agak tinggi. Itu mengapa saya menggunakan yang versi 11 karena versi tersebut spesifikasi hardware yang dibutuhkannya masih belum terlalu tinggi. Sebenarnya sekarang sony vegas ini sudah ada yang versi 14 nya. pasti cukup berat untuk dijalankan, tapi jika laptop atau pc kalian mumpuni silahkan download saja.

Tahap yang akan kita lakukan adalah:

Membuat project folder baru agar pada saat pengeditan tidak bingung dan tidak lupa atau keliru dimana menyimpan file jenis video atau audio.

Proses penggabungan, disini adalah tahap paling lama saat pengeditan. Dalam tahap ini kita harus benar-benar jeli mendengar awal mulai vido dan awal mulai audio harus benar-benar pas.
Tahap rendering, tahap ini fungsinya menggabungkan video dan audio kita secara utuh.
Langsung saja kita ke video yang akan kita edit.

Membuat project folder, dengan cara buat folder judul project kemudian di dalamnya buat lagi 3 folder,yaitu video, audio dan finish.(jika ada file jenis lain seperti photo silakan ditambahkan sendiri).
Buka sony vegasnya kemudian buat file baru setelah itu langsung save. Tidak apa masih kosong juga, ini bertujuan sebagai antisipasi kalau-kalau terjadi hank saat pengeditan.
Setelah disave sekarang pilih tab explorer masukan kedua file tersebut ke dalam timeline, dengan cara drag and drop masing-masing file ke timeline.

Setelah masuk di timeline atur posisi audio agar sinkron dengan video, perlu diingat bahwa audio pada video pasti kecil jadipasang telinganya benar-benar. Pastikan audio dari Cubase dan dari videonya benar benar sama.
Catatan: jika videonya miring 90derajat ke kiri atau kenanan maka edit videonya dengan even pan&crop ini letaknya diujung masing-masing video.

 Setelah audio dengan audio sudah sinkron, dan video nya tidak miring saat nya rendering. Tapi jika ingin edit lagi silahkan pembaca saja yang tentukan.
Cara melakukan rendering adalah pilih loop yang akan dirender, kemudian klik file – render as. 

setelah muncul kotak dialognya kita setting kualitas video yang akan dihasilkan, disini saya memilih kualitas 1080, biar bagus walaupun ukurannya cukup besar. 
Biasnya rendering ini waktunya agak lama, tergantung durasi dan fpsnya. Semaking lama atau semakin besar fps maka semakin lama, begitupun sebaliknya. Yap, sekian dan terimakasih silahkan kunjungi blog ini secara berkala bagi yang ingin belajar gitar, karena kontennya akan diupdate terus menerus. Terima kasih.
Rekaman gitar series: