Jumat, 19 Mei 2017

Seting Cubase untuk rekaman


Cubase adalah DAW favorit saya. Cubase memiliki banyak fitur, selain tidak hanya mudah digunakan. Dengan Cubase kita kan merekam suara gitarnya. Tapi sebelum merekamnya kita harus mempersiapkan cubasenya dulu.Oh iya, karena kita merekam suara gitarnya tidak memakai audio interface, maka kita akan memakai sebuah software tambahan yang namanya ASIO4ALL. Tenang, ini downloadnya gratis Ok
Download cubasenya dan ASIO4ALLnya dari internet, atau sudah saya sediakan linknya
Download Cubase
Download ASIO4All.
Install kedua software tersebut. Jangan lupa baca readme nya, agar proses penginstalannya lancar.
Setelah selesai penginstalan, sekarang colokan jack gitar yang sudah ada koverternya ke komputer dan headphone atau speakernya untuk monitoring. 
Kemudian baru buka cubasenya, lalu create new empty.
Setelah terbuka interface cubasenya, maka klik device – device setup.
Pada vst audio system, pilih asio4all. Setelah itu, klik di bagian bawahnya, kemudian klik kontrol panel. Klik gambar kunci Inggrisnya, aktivkan driver mic capture dan speakernya. Mic capture itu untuk pickup gitar, sedangkan speaker itu fungsinya untuk monitoring.


Setelah mengaktivkan drivernya, maka sekarang tinggal setting input outputnya dengan klik device vst conection. Setelah muncul kotak dialongnya klik inputnya dan pilih asio4all yang untuk mic capture tadi. Kemudian pada bagian output pilih juga asio4al yang pada speaker.

Selanjutnya adalah tinggal tambahkan track adudio kemudian monitor tracknya dengan mengklik tombl yang berwarna kuning nya. Selamat, sebenarnya sampai sejauh ini kalian sudah selesai taham perekamannya. Silahkan coba merekam gitarnya dengan mengklik tombol warna merah di panel atau di toolbar diatas.

Akan tetapi, jika dirasa suara gitar yang dihasilkan masih kurang enak didengar, alangkah baiknya meneruskannya ke tips yang ke tiga yaitu mengenai setting fx dan menghilangkan noise.

Noise ini sebenarnya ada karena sistem kelistrikan yang kurang tepat. Cara terbaik yang sebenarnya yaitu dengan membenahi sistem kelistrikannya, tapi itu agak malas untuk dilakukan, dan jika tidak dilakukan dengan benar maka mungkin terjadi kecelakaan. Oleh karena itu saya memberi alternatif dengan tips yang akan saya berikan di tutorial yang berikutnya.